• Rabu, 5 Oktober 2022

Agenda Pemilu 2024 Tetap Dilaksanakan, Jokowi: Tahapan Pemilu dimulai pertengahan Juni 2022

- Senin, 11 April 2022 | 12:10 WIB
Presiden Jokowi memimpin Ratas Persiapan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 (Foto: Setkab.go.id)
Presiden Jokowi memimpin Ratas Persiapan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 (Foto: Setkab.go.id)

Bicarajabar.com -- Agenda penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) untuk pemilihan presiden disampaikan Presiden Jokowi akan tetap dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang.

Hal itu juga bersamaan dengan adanya kabar yang beredar dimasyarakat terkait isu perpanjangan masa jabatan presiden menjadi 3 periode dan pengunduran agenda pemilu.

Menegaskan hal itu, Presiden Jokowi memberi tanggapannya yang juga disiarkan secara virtual melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu, 10 April 2022.

 

"Saya minta disampaikan kepada masyarakat bahwa seluruh tahapan dan jadwal pelaksanaan pemilu dan pilkada serentak itu sudah ditetapkan. Saya kira sudah jelas dan semua sudah tahu, pemilu akan dilaksanakan 14 Februari 2024," tegasnya.

Baca Juga: Banyak Warga Keluhkan Jalan Rusak, Ridwan Kamil Sebut Anggaran Bergeser Karena Pandemi

Ini perlu dijelaskan, lanjut Jokowi, jangan sampai nanti muncul spekulasi-spekulasi yang isunya beredar di masyarakat bahwa pemerintah tengah melakukan penundaan pemilu, atau spekulasi perpanjangan jabatan presiden dan yang berhubungan dengan tiga periode.

Jokowi juga menjelaskan, bahwa tahapan pemilu 2024 tersebut akan dimulai di pertengahan bulan Juni 2022 ini. Hal tersebut sesuai ketentuan Pasal 167 ayat (6) UU Nomor 7 Tahun 2017 (UU Pemilu).

"Dan dijelaskan sekalian, tahapan pemilu sudah dimulai nanti di pertengahan Juni 2022, karena memang ketentuan Undang-Undangnya 20 bulan sebelum pemungutan suara," tuturnya.

Halaman:

Editor: Kristina S.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X