• Minggu, 3 Juli 2022

Jadi Perhatian Masyarakat, Puan Maharani Pastikan RUU TPKS Disahkan Menjadi RUU Inisiatif DPR 18 Januari 2022

- Rabu, 12 Januari 2022 | 11:27 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani katakan akan putuskan RUU TPKS menjadi inisiatif DPR pekan depan, 18 Januari 2022. (dpr.go.id)
Ketua DPR RI Puan Maharani katakan akan putuskan RUU TPKS menjadi inisiatif DPR pekan depan, 18 Januari 2022. (dpr.go.id)

Bicarajabar.com- Maraknya kasus kekerasan seksual saat ini khususnya bagi perempuan menjadi perhatian khusus bagi masyarakat di Indonesia.

Tidak hanya itu, Ketua DPR RI Puan Maharani pun turut memberikan perhatian pada kasus yang banyak menimbulkan reaksi geram publik ini dengan memastikan bahwa Rancangan Undang-undang Tindak Pidana Seksual (RUU TPKS) akan segera diresmikan menjadi RUU inisiatif DPR minggu depan.

Dilansir Bicarajabar melalui Akun DPR RI, Puan mengungkapkan bahwa RUU TPKS sudah selesai diharmoniasi oleh Badan Legislatif DPR RI dan akan ditindaklanjuti oleh pimpinan DPR RI.

“Insya Allah, pada Selasa 18 Januari 2022 RUU TPKS disahkan menjadi RUU inisiatif DPR. Mengingat kasus kekerasan seksual yang marak terjadi di Indonesia, maka dinilai menjadi suatu kebutuhan di hukum Indonesia,” kata Puan ketika membacakan pidato persidangan III tahun 2021-2022 gedung DPR RI Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta pada Selasa, 11 Januari 2022.

Baca Juga: Herry Wirawan Pemerkosa 12 Santriwati di Bandung Dituntut Kebiri Kimia dan Hukuman Mati

Diketahui saat ini banyak sekali kasus kekerasan seksual yang menguap, bahkan ketika kejadiannya sudah lama terjadi sekalipun.

Untuk itu, RUU TPKS diharapkan bisa menjadi landasan terkuat dalam upaya perlindungan terhadap korban pelecehan seksual khususnya bagi perempuan yang mengalami kekerasan seksual.

Berdasarkan hal itu, Puan juga mengajak agar Pemerintah dapat bekerja secara optimal untuk membahas dan berkomitmen untuk menuntaskan RUU TPKS.

Selain RUU TPKS, DPR RI ternyata juga akan menuntaskan delapan RUU lainnya pada pembahasan tingkat pertama pekan depan.

Halaman:

Editor: Rais Jaka Purnama

Sumber: dpr.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X