• Selasa, 5 Juli 2022

Studi Temukan Plankton Berperan dalam Pembentukan Gunung Dua Miliar Tahun Lalu

- Senin, 6 Desember 2021 | 18:03 WIB
Ilustrasi wilayah pegunungan. (Unsplash/@max_duz)
Ilustrasi wilayah pegunungan. (Unsplash/@max_duz)

Bicarajabar.com – Profesor John Parnell bersama para ilmuwan lain dari Universitas Aberdeen Glasgow melakukan penelitian mengenai peran plankton pada dua miliar tahun yang lalu terhadap terciptanya pegunungan.

Penelitian yang sudah dipublikasikan di jurnal alam Communications Earth & Environment ini mengungkapkan bahwa plankton tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan laut, tapi juga menciptakan gunung seperti yang terjadi pada dua miliar tahun lalu.

Bagaimana plankton berperan dalam menciptakan gunung?

Menurut para ilmuwan yang terlibat dalam studi ini, jika bukan karena kehidupan di bumi, permukaan planet bumi akan lebih datar dan jauh lebih membosankan.

“Gunung terbentuk oleh lempengan batu yang menumpuk satu sama lain,” kata penulis utama Profesor John Parnell, dikutip dari Guardian.

Namun, penumpukkan antara batu sama sekali tidak mungkin terjadi karena gesekan antara bebatuan. Untuk memungkinkannya, antara satu dan batu lain harus memiliki permukaan yang licin sehingga batu bisa saling meluncur dan menumpuk.

Dan ya, kemungkinan tersebut benar terjadi pada dua miliar tahun silam.

Parnell dan rekan-rekannya telah menemukan bahwa sumber pelumasan yang membuat batu tersebut licin berasal dari ledakan pertumbuhan plankton primitif sekitar dua miliar tahun yang lalu. 

Lonjakan plankton ini terjadi setelah perubahan iklim besar yang mempengaruhi bumi sekaligus efek yang ditimbulkan bertahan cukup lama.

Halaman:

Editor: Rais Jaka Purnama

Sumber: The Guardian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X