• Rabu, 26 Januari 2022

Varian Virus Baru ‘Omicron’, Update WHO: Belum Jelas Apakah Omicron Lebih Mudah Menular

- Senin, 29 November 2021 | 18:12 WIB
Ilustrasi penelitian varian baru Virus Omicron. (Unsplash/@f7photo)
Ilustrasi penelitian varian baru Virus Omicron. (Unsplash/@f7photo)

Bicarajabar.com – Kemunculan varian baru virus Corona yang dinamakan Omicron, telah diinformasikan oleh banyak media.World Organization Health (WHO) dalam halaman resminya pun, turut memberikan update Omicron dengan sejumlah keterangannya untuk memberi konfirmasi hal tersebut.

Sebelumnya, pada 26 November 2021, WHO telah menetapkan varian B.1.1.529 sebagai varian yang menjadi perhatian, bernama Omicron.

Hal tersebut dilakukan atas saran dari Technical Advisory Group on Virus Evolution (TAG-VE), WHO.

Baca Juga: Vaksin Tidak Efektif Pada Varian Baru Omicron?, Peneliti: Masih Belum Jelas

Mendasari hal tersebut, mengacu pada bukti yang diberikan kepada TAG-VE bahwa Omicron memiliki beberapa mutasi yang mungkin berdampak pada karakteristik virus tersebut.

Beberapa contoh tentang pergerakan virus ini, misalnya seberapa mudah penyebarannya atau tingkat keparahan penyakit yang ditimbulkannya.

WHO memberikan rilisnya, 28 November 2021, yang salah satunya dinyatakan bahwa virus Omicron ini masih dalam penelitian lebih lanjut.

Penularan Virus Omicron

WHO dalam keterangannya menyampaikan, terkait penularan omicron masih belum jelas. Apakah Omicron lebih mudah menular (misalnya, lebih mudah menyebar dari orang ke orang) dibandingkan dengan varian lain, termasuk Delta.

Halaman:

Editor: Fahri Fahira

Sumber: WHO

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X