• Rabu, 1 Desember 2021

Pemerintah Indonesia Jadi Otoritas yang Paling Banyak Minta Hapus Konten ke Google

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 23:53 WIB
Ilustrasi Google Office (Unplash/ Greg Bulla)
Ilustrasi Google Office (Unplash/ Greg Bulla)

 

Bicarajabar.com - Google merilis laporan transparansi terbaru yang mengungkap jika pemerintah Indonesia termasuk otoritas yang paling banyak meminta penghapusan konten di Google.

Ada beragam jenis konten yang diminta oleh pemerintah Indonesia untuk dihapus, mulai dari ujaran kebencian, pornografi, situs judi, dan lain sebagainya.

Dari laporan Google berjudul Content Removal Transparency Report, data ini berisi permintaan dari pemerintah negara-negara di dunia untuk menghapus konten di Google dari periode Januari hingga Juni 2021.

Baca Juga: Erdogan Perintahkan Kemlu Turki usir 10 Dubes Negara Barat

Sedikitnya ada lebih dari 500.000 URL yang diminta Pemerintah Indonesia untuk menghapus konten di Google. Rata-rata alamat URL yang diminta untuk dihapus karena melanggar undang-undang perjudian.

Google sendiri mengatakan telah menghapus lebih dari 20.000 URL dan sedang meninjau sisanya.

Adapun jenis permintaan produk yang dihapus dari platform Google terdiri dalam bentuk Blogger, Gmail, Google Docs, Google Play Apps, Situs Google, Google Search, hingga YouTube.

Adapun lembaga Pemerintah Indonesia yang meminta penghapusan konten Google antara lain Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kepolisian, TNI, permintaan langsung dari pengadilan, dan pihak lainnya.

Halaman:

Editor: Fahri Fahira

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X