• Rabu, 1 Desember 2021

Tes PCR Menjadi Syarat Naik Pesawat, Projo: Kami Kecewa pada Pemerintah

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 07:07 WIB
Publikasi Relawan Pro Jokowi dalam Kegiatan Gerakan Vaksinasi Nasional ((twitter:@projopusat))
Publikasi Relawan Pro Jokowi dalam Kegiatan Gerakan Vaksinasi Nasional ((twitter:@projopusat))

Bicarajabar.com - Relawan Pro Jokowi (Projo) menyatakan kecewa terhadap syarat tes polymerase chain reaction (PCR) Covid-19 untuk pengguna mode transportasi pesawat udara selama masa PPKM.

Kekecewaan relawan Projo disampaikan oleh Ketua Satgas Gerakan Nasional Percepatan Vaksinasi Covid-19 DPP Projo, Panel Barus. Dirinya menyatakan kecewa dengan dikeluarkanya Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 53 Tahun 2021.

Dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 53 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Covid 2019 di Wilayah Jawa dan Bali menyebutkan bahwa PCR wajib bagi penumpang pesawat udara.

Baca Juga: Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-Amin, Jubir Presiden Fadjroel: Melindungi-Memenuhi HAM

Menurut Panel, selama ini Projo sudah aktif melakukan perluasan vaksin bagi masyarakat secara gratis melalui gerakan nasional percepatan vaksinasi Covid-19.

"Projo aktif melakukan percepatan dan perluasan vaksinasi gratis untuk rakyat. Tapi kami kecewa dengan kewajiban tes PCR," kata Panel pada Jumat (22/10) yang dilansir bicarajabar.com dari CNN.

Panel juga mempertanyakan efektivitas dari tes PCR untuk pengguna mode transportasi pesawat udara. Menurutnya penumpang yang sudah mendapatkan dua dosis vaksin sebaiknya tidak perlu di tes PCR.

Baca Juga: Harga Tes PCR di India 96 Ribu, di Indonesia 900 Ribu, Kemenkes: Sebagian Besar Bahan Baku Impor

"Mereka bertanya, kalau sudah divaksin kok masih harus tes PCR. Satgas Covid-19 harus bertindak cepat," kata Panel.

Halaman:

Editor: Fahri Fahira

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X