• Rabu, 5 Oktober 2022

Syarat Perjalanan Menggunakan Pesawat, Antigen Tidak Dizinkan Meski Sudah Vaksin

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 22:02 WIB
Suasana di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang (Gambar: Angkasapura2.co.id)
Suasana di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang (Gambar: Angkasapura2.co.id)

Bicarajabar.com - Pandemi belum berakhir, pemerintah memutuskan untuk kembali menetapkan kebijakan terkait Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk wilayah Jawa dan Bali hingga 1 November 2021.

Selain memberlakukan kebijakan PPKM, pihak pemerintah juga memutuskan untuk melakukan penyesuaian terhadap aturan perjalanan menggunakan pesawat udara.

Keputusan Inmendagri Nomor 54 Tahun 2021 merupakan keputusan terkait pemberlakukan PPKM level 3,2, dan 1 untuk wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku serta Papua.

Pasalnya, merujuk Instruksi Mendagri Nomor 53 Tahun 2021, mengatur mengenai PPKM Level 3,2 dan 1 untuk wilayah Jawa dan Bali.

Baca Juga: Geledeh Ponsel Masyarakat, Aipda Ambarita Dimutasi

Sebelumnya, bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan menggunakan pesawat udara dan kereta api hanya menunjukkan test antigen dan telah melakukan vaksin setidaknya dosis pertama.

Namun, setelah melakukan penyesuaian, test antigen tidak diberlakukan kembali.Melakukan perjalanan menggunakan pesawat memerlukan beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam masa perpanjangan PPKM, salah satunya adalah melakukan tes PCR.

Pemerintah telah memutuskan untuk dua pekan  kedepan tidak mengizinkan penggunaan rapid antigen sebagai syarat melakukan penerbangan.

Baca Juga: Masyarakat Terlanjur Jadi Korban Pinjol Ilegal, Mahfud MD: Jangan Dibayar!

Halaman:

Editor: Fahri Fahira

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X