• Selasa, 26 Oktober 2021

Facebook dari Kamar Asrama untuk Jadi Perusahaan Raksasa

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 12:39 WIB
Ilustrasi Media Sosial Facebook (Gambar: Freepik)
Ilustrasi Media Sosial Facebook (Gambar: Freepik)

Bicarajabar.com - Diluncurkan pada Februari 2004. Mark Zuckerberg yang saat itu baru berusia 23 tahun masih kuliah di Universitas Harvard.

Hingga saat ini Facebook telah menjadi situs jejaring sosial paling besar di dunia, dan nampaknya belum ada platform media sosial yang bisa mengalahkan Facebook.

Tidak butuh waktu lama hingga Facebook meraih ketenarannya. Pasalnya, dalam 24 jam setelah diluncurkannya saja, Facebook langsung diisi oleh 1.200 mahasiswa Harvard, dan hampir setengah mahasiswa S1 Harvard memiliki profil di Facebook selama kurang dari satu bulan.

Jejaring sosial ini secara cepat meluas ke universitas lain di Boston, sebelum akhirnya merambah ke seluruh universitas di AS dan dunia.

Pengguna Facebook terus membesar setelah domain Facebook.com dibeli seharga 200.000 dolar. Pendapatannya pun secara otomatis ikut meningkat.

Kesuksesan Facebook pun turut serta meningkatkan kekayaan Zuckerberg yang menjabat sebagai CEO perusahaan. Seperti dilaporkan Bloomberg pada 2019, tercatat kekayaan bersih Zuckerberg telah mencapai angka lebih dari 60 miliar dolar AS atau setara Rp 838 triliun.

Baca Juga: Mengenal Sunda Wiwitan, Menghormati Alam dan Sesama

Lahir di Kamar Asrama Mahasiswa

Dua pendiri Instagram, Mike Krieger dan Kevin Systrom, bersama Mark Zuckerberg (tengah). Foto: Mark Zuckerberg/Instagram

Halaman:

Editor: Rais Jaka Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X