• Selasa, 26 Oktober 2021

Jadi Surga Pajak untuk Google, Facebook, dan Apple, Irlandia Naikan Nilai Pajak

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 23:40 WIB
Ilustrasi (Upi.com)
Ilustrasi (Upi.com)

Bicarajabar.com - Perusahaan seperti Google, Facebook, dan Apple nampaknya tak bisa lagi menjadikan Irlandia sebagai negara surga pajak. Pasalnya kini Irlandia akan menaikkan nilai pajak untuk perusahaan multinasional.

Pada Kamis 7 Oktober 2021 kemarin, Irlandia menyatakan akan bergabung ke perjanjian pajak internasional, itu artinya mereka akan menaikkan pajak setidaknya 15% untuk perusahaan multinasional.

Hal ini merupakan perubahan besar di negara yang menjadi 'surga' bagi banyak perusahaan asal Paman Sam, yang memilih Irlandia sebagai kantor pusatnya di Eropa, seperti banyak perusahaan farmasi asal AS, dan tentunya perusahaan teknologi seperti Google, Apple, dan Facebook.

Baca Juga: Khawatir Menghadapi Hari Esok? Ini 5 Hal yang Harus dilakukan Saat Bangun Pagi 

Peningkatan dari 12,5% (pajak untuk perusahaan multinasional di Irlandia saat ini) menjadi 15% mungkin terlihat tidak terlalu besar. Akan tetapi di balik itu, Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) Inclusive punya beberapa aturan lain untuk menutup celah yang dipakai Apple dkk untuk mengakali aturan pajak.

Dengan pajak 15% OECD memperkirakan akan menghasilkan pemasukan sekitar USD 150 miliar untuk pemasukan pajak global setiap tahunnya, dan juga akan menstabilkan sistem pajak internasional.

Perjanjian tersebut akan ditadatangani Irlandia pada Jumat ini, dan mengadakan pertemuan dengan 140 negara lain yang tergabung ke OECD. Negara-negara ini sudah menggodok aturan pajak ini selama beberapa tahun ke belakang.

Baca Juga: Liburan ke Malang? Ini Beberapa Tempat Menarik di Kota Malang

Rencana besar dari perjanjian ini adalah membuat perusahaan-perusahaan multinasional untuk membayar pajak sesuai dengan lokasi penjualan produk dan layanan mereka, bahkan jika mereka tidak punya perwakilan di negara tersebut.

Halaman:

Editor: Fahri Fahira

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X