• Selasa, 26 Oktober 2021

Pasangan yang Menikah Siri, Kini Bisa Dapatkan Kartu Keluarga

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 21:55 WIB
Ilustrasi pasangan yang menikah (pikiranrakyat.com)
Ilustrasi pasangan yang menikah (pikiranrakyat.com)

Bicarajabar.com - Nikah siri atau yang lebih dikenal sebagai pernikahan di bawah tangan kerap dilakukan oleh masyarakat maupun publik figur. Meski sah secara agama namun status pernikahan seringkali bermasalah karena tidak memiliki dokumen resmi.

Terkait hal tersebut, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengatakan bahwa kini, pasangan yang nikah siri dapat mengurus Kartu Keluarga (KK).

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh. Menurutnya setiap penduduk Indonesia wajib memiliki KK.

Baca Juga: Kartu Nikah Digital, Dokumen Resmi yang akan diluncurkan Kementerian Agama RI

Menurut Arif Kemendagri siap melayani masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukan. Hal ini juga dilakukan untuk menjawab kebutuhan publik khususnya pasangan nikah siri yang ingin memiliki KK.

“Semua penduduk Indonesia wajib terdata di dalam Kartu Kelurga. Bagi yang nikah siri, bisa dimasukkan dalam satu KK,” kata Arif yang dilansir dari pikiran rakyat.com

Nantinya, pasangan nikah siri akan memiliki KK layaknya suami istri lainnya. Namun menurut Arif, dalam dokumen KK pada pasangan nikah siri akan diberi tanda khusus.

Baca Juga: Sejarah Konservasi dalam Hukum, Budaya, dan Agama

“Kami hanya mencatat telah terjadinya perkawinan. Nanti di dalam Kartu Keluarga akan tertulis nikah belum tercatat atau kawin belum tercatat,” katanya.

Halaman:

Editor: Rais Jaka Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X