• Selasa, 26 Oktober 2021

Berawal dari Terapi Renang, Atlet Jawa Barat ini Memperoleh 3 Medali di PON XX Papua

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 12:42 WIB
I Putu Bayu Ardhiya Satrio (22) perenang asal Jawa Barat (Pikiran Rakya/Novianti Nurulliah)
I Putu Bayu Ardhiya Satrio (22) perenang asal Jawa Barat (Pikiran Rakya/Novianti Nurulliah)

Bicarajabar.com – Meraih tiga medali dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, sebagai perenang asal Jawa Barat, menjadi suatu kebanggaan bagi I Putu Bayu Ardhiya Satrio.

Atlet lulusan Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) ini, berhasil meraih tiga medali pada nomor selam kolam 200 meter surface, perak nomor selam kolam 100 meter surface, dan perunggu pada kelas estafet.

Ketertarikan Putu dalam olahraga renang, berawal saat masa kecilnya harus menjalankan terapi renang akibat penyakit asma yang dialaminya. Sejak saat itu ia pun mulai mempelajari olahraga renang dan tertarik mengikuti berbagai kompetisi.

Baca Juga: Dua Gubernur dan Satu Menteri, Masuk 3 Besar Survei Elektabilitas Capres 2024

"Saya sejak usia 2 tahun, saya punya asma. Harus bolak-balik berobat ke dokter . Sampai akhirnya saat usia 4 atau 5 tahun, dokter menyarankan saya untuk mengikuti terapi renang," kata Putu dalam keterangan melalui Pikiran Rakyat, Kamis (7/10/21).

Seiringnya waktu, rutinitas renang yang ia jalani menambah kesukaannya pada olahraga tersebut.

"Ketika memasuki bangku sekolah dasar saya makin suka sama renang. Waktu itu intensitas berenang jadi tambah sering, karena dilatih juga oleh guru sekolah," katanya.

Ia juga bercerita, saat menginjak bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), keseriusannya dalam olahraga renang menjadikannya bagian dari klub renang Tirta Merta Satria di Bandung selama tiga tahun.

Baca Juga: Ditemukan Selamat, Seorang Anak Berusia 5 Tahun Tercebur di Sumur Tua Selama 20 Jam

Halaman:

Editor: Fahri Fahira

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

X