• Selasa, 26 Oktober 2021

Turunkan Emisi Karbon, Uji Coba Penerbangan Pesawat dengan Bahan Bakar Nabati Bioavtur

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 11:51 WIB
Ilustrasi Foto, Uji Coba Penerbangan Pesawat (Unsplash/S O C I A L . C U T)
Ilustrasi Foto, Uji Coba Penerbangan Pesawat (Unsplash/S O C I A L . C U T)

Bicarajabar.com – Dalam mendukung upaya penurunan emisi karbon dunia, Pemerintah Indonesia melakukan uji coba penerbangan pesawat rute Bandung-Jakarta. Pesawat dengan model CN235-220 FTB tersebut menggunakan bahan bakar nabati bioavtur.

Sebagai langkah dalam upaya penurunan emisi karbon itu, melalui Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menjelaskan, bahan bakar nabati yang digunakan itu adalah campuran minyak inti kelapa sawit.

Ia juga menuturkan, uji coba ini merupakan sejarah baru yang tercatat dengan keberhasilan penerbangan pesawat dengan bahan bakar tersebut.

"Keberhasilan ini akan menjadi tahap awal dalam peningkatan kontribusi bioavtur di sektor transportasi udara dalam rangka meningkatkan ketahanan dan keamanan energi nasional," ujarnya, seperti yang diberitakan Antara, Rabu (06/10/21).

Baca Juga: Cantik Itu Luka Eka Kurniawan 'Diserang', Netizen: Baca Dulu Bukunya

Arifin menjelaskan bahwa Peraturan Kementerian ESDM nomor 12 tahun 2015 mengatur kewajiban pencampuran bahan bakar nabati dalam bahan bakar jenis avtur dengan persentase sebesar 3 persen pada 2020.

Melanjut penjelasan tersebut, juga disampaikan pada 2025 mendatang, porsinya akan meningkat menjadi 5 persen.

Meski demikiani, diketahui juga bahwa langkah ini masih mengalami berbagai kendala, pada prosesnya implementasi pencampuran bioavtur belum berjalan. Hal tersebut disebabkan, mulai dari ketersediaan produk bioavtur, proses teknologi, dan juga keekonomian.

"Perjalanan panjang sudah dilalui sampai saat ini dengan melibatkan banyak pihak," ujar Menteri Arifin.

Halaman:

Editor: Anisa Sri

Tags

Terkini

X