• Selasa, 26 Oktober 2021

Cantik Itu Luka Eka Kurniawan 'Diserang', Netizen: Baca Dulu Bukunya

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 22:08 WIB
Buku Cantik Itu Luka - Eka Kurniawan
Buku Cantik Itu Luka - Eka Kurniawan

Bicarajabar.com - Sebuah kutipan yang berasal dari buku "Cantik itu luka” milik Sastrawan Indonesia Eka Kurniawan menjadi perbincangan netizen, lantaran di anggap melecehkan kaum perempuan.

Kutipan yang dimaksud adalah "Semua perempuan itu pelacur sebab seorang istri baik-baik pun menjual kemaluannya demi mas kawin dan uang belanja, atau cinta jika itu ada,"

Akun bernama RM. (rm_bgsr) ini membuat cuitan yang menyudutkan Eka Kurniawan. Bahkan dengan kata-kata kotor.

"Yg nama nya eka kurniawan FIX GOSAH LU TEMENIN sp yg tau doi bacok aj ato geprek otaknya. Bisa2 cok mereprentasikk wanita sbg pelacur dan makai kata 'semua perempuan pelacur'," tulis RM dalam akun twitternya.

Tidak sedikit netizen yang membela Eka Kurniawan lantaran diduga RM tidak membaca keseluruhan bukunya. Pasalnya buku tersebut merupakan buku bergenre fiksi.

Penulis buku "Dari Twitwar ke Twitwar" Arman Dhani juga merespon kicauan tersebut, menurutnya, Kemampuan membaca bukan sekedar bisa mengeja kalimat, atau melafalkan kata, membunyikan konsonan atau vokal, tapi juga memahami apa yang tersirat. Menafsirkan apa yang tidak dijelaskan. Ini tentu susah buat beberapa orang dan itu tak apa. Ia hanya perlu dibantu.

menanggapi pernyataan dari seorang pengguna Twitter yang menyoroti kutipan dalam novel karyanya yang berjudul Cantik Itu Luka.

"Semua perempuan itu pelacur sebab seorang istri baik-baik pun menjual kemaluannya demi mas kawin dan uang belanja, atau cinta jika itu ada," demikian salah satu kutipan dalam novel Cantik Itu Luka.

Meski pernyataannnya sudah banyak diprotes, RM. tetap bersikukuh dan mengaku tak habis pikir jika Eka Kurniawan merepresentasikan wanita sebagai pelacur.

Halaman:

Editor: Fahri Fahira

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X