• Selasa, 26 Oktober 2021

Kabar Duka, Gunawan Maryanto Seorang Penyair, Pengarang dan Aktor Telah Berpulang

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 21:54 WIB
Gunawan Maryanto (Dok. FFI 2020)
Gunawan Maryanto (Dok. FFI 2020)

BicaraJabar.com - Kabar duka datang dari aktor, penulis sekaligus sutradara teater kebangsaan Indonesia, Gunawan Maryanto. Sosok yang lahir di Yogyakarta pada 10 April 1976, dikabarkan meninggal dunia oleh Dea Anugrah melalui akun Twitter-nya.

Gunawan Maryanto atau yang akrab disapa dengan Mas Cindhil yang dikenal juga dengan karya tulis di beberapa bukunya, seperti "Waktu Batu" (naskah lakon), ditulis bersama Andre Nur Latif dan Ugoran Prasad, Indonesiatera, 2004, Bon Suwung merupakan kumpulan cerpen, Insistpress, 2005, Galigi merupakan kumpulan cerpen, Koekoesan 2007.

Dirinya, juga pernah memenangi penghargaan sebagai pemeran utama pria terbaik dalam Usmar Ismail Award melalui film yang memerankan sebagai Widji Thukul dengan judul Istirahatlah Kata-kata.

Selain itu, Gunawan Maryanto juga merupakan seniman yang tanggap yang karya tulisnya dimuat di media Indonesia, seperti Koran Tempo, Kompas, Jawa Pos, Suara Merdeka, Kedaulatan Rakyat, Bernas.

Dalam sebuah unggahan Twitter, Dea Anugrah menyampaikan kepergian Gunawan, yang diunggah pada, Rabu (6/10/21).

“Barusan dapat kabar duka. Gunawa Maryanto, penyair, pengarang, dan aktor, meninggal dunia. Banyak kawan yang kehilangan. Sy jarang berinteraksi dengan Mas Cindhil, panggilan akrabnya, tetapi mengingat semuanya sebagai perjumpaan yang menyenangkan. Selamat jalan, Mas,” tulis Dea Anugrah dalam cuitan Twitternya.

Selain Dea Anugerah, Aan Mansyur dan Kalis Mardiasih juga turut mengucapkan selamat jalan. Pasalnya, Gunawan Maryanto bekerja di Teater Garasi/Garasi Performance Institue sebagai Associate Artistic.

“Selamat jalan, @gunawanmaryanto! Terima kasih, terima kasih, dan samapi jumpa lagi…” tulis Aan Mansyur.

Kemudian, Kalis Mardiasih juga menulis, “ya Allah mas Cindil. Kula nyekseni panjenengan tiyang sae sanget.”

Halaman:

Editor: Rais Jaka Purnama

Tags

Terkini

X