• Selasa, 26 Oktober 2021

Sudah Tidak Beroperasi Lagi, Sejumlah Perusahaan BUMN ini akan Dibubarkan

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 14:38 WIB
Ilustrasi (Unsplash/@sigmund)
Ilustrasi (Unsplash/@sigmund)

Bicarajabar.com – Keberhasilan perusahaan yang tergabung dalam Badan Usaha Milik Negara (BUMN), menjadi harapan dalam kontribusi peningkatan ekonomi negara. Terlebih jika perusahaan tersebut sudah tidak bisa beroperasi, hal ini perlu ditindak lanjut dengan keputusan yang bijak.

Seperti halnya kabar terkait dengan keputusan pembubaran beberapa BUMN oleh Menteri BUMN Erick Tohir.

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga menerangkan, ada 6 perusahaan BUMN yang masuk ke dalam daftar pembubaran tersebut.

Diketahui di antaranya, PT Industri Gelas, PT Kertas Kraft Aceh, PT Merpati Nusantara Airlines, PT PANN, PT Istaka Karya (Persero), dan Industri Sandang Nusantara.

Terkait dengan pembubaran tersebut, ada beberapa kendala spesifik yang menjadi penyebab perusahaan itu tidak beroperasi lagi.

Baca Juga: TELSmeter, Siswa SMK Asal Kab. Bekasi ini Kembangkan Alat Pemindai Ketebalan Masker

Selain itu, proses pembubaran pun sebelumnya kementerian telah melakukan pembayaran pada karyawan.

"Karyawan sudah dibayar oleh BUMN pesangon-pesangonnya. Nanti, pembubarannya bisa mengadopsi beberapa mekanisme, bisa PKPU atau UU PKS," ujar Arya dalam diskusi online yang ditulis Rabu (6/10/2021) dilansir Suara.com.

Arya juga menuturkan, untuk kondisi PT Industri Gelas dan PT Kertas Kraft Aceh yang akan dibubarkan secara berturut-turut, karena kedua perusahaan BUMN terserbut memang sudah lama tidak beroperasi.

Halaman:

Editor: Anisa Sri

Tags

Terkini

X