• Selasa, 26 Oktober 2021

TELSmeter, Siswa SMK Asal Kab. Bekasi ini Kembangkan Alat Pemindai Ketebalan Masker

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 13:56 WIB
Siswa SMK Kembangkan Alat Pemindai Ketebalan Masker - Ilsutrasi Pemrograman (Unsplash/@ilyapavlov)
Siswa SMK Kembangkan Alat Pemindai Ketebalan Masker - Ilsutrasi Pemrograman (Unsplash/@ilyapavlov)

 

Bicarajabar.com – Pengembangan teknologi melalui karya inovatif dan tepat guna menjadi salah satu pencapaian bagi para pelajar yang bergerak di bidang terkait. Melalui sebuah program pendidikan, siswa SMK Telekomunikasi Telesandi, melakukan salah satu pengembangan teknologi dengan menciptakan alat pemindai masker.

Sekolah yang berlokasi di Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi ini tengah mengembangkan alat pemindai masker dengan mengadopsi sistem pengecekan suhu.

Hasilnya, alat ini mampu mengecek ketebalan masker yang tengah digunakan. Dilansir dari Pikiran-Rakyat.com, alat ini dikembangkan diketahui sebagai pendukung alat kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Yaqzan Almagribi, siswa kelas 12 yang turut tergabung dalam mengembangkan alat tersebut menyampaikan, alat kesehatan sedang sangat dibutuhkan di masa pandemi ini.

“Alat pengecek suhu dan masker seperti wajib. Berangkat dari situ, kami mulai mengembangkannya,” lanjut Yaqzan.

Dalam pengembangan alat tersebut, ia bersama dua temannya, yakni Nur Wahid Bimo Samudra dan Syifa Angellia, mereka menamakam alat pemindai masker tersebut dengan nama TELSmeter.

Menurutnya, pengembangan TELSmeter sudah berlangsung sejak enam bulan lalu. Puncaknya ketika kasus Covid-19 meningkat dengan adanya potensi varian delta di Indonesia, menjadikan mereka semakin serius dalam proyek pengembangan teknologi alat tersebut.

Lebih lanjut, Yaqzan mengatakan, pengembangan TELSmeter mengadopsi dari alat pengecek suhu tubuh di bandara, yang memindai setiap pengunjung bandara dengan penyesuaian alat yang telah dikalibrasi.

Mengacu pada ketentuan Satgas Covid-19 Pusat, yang mana setiap orang harus menggunakan dua masker yakni medis dan kain atau minimal lima lapis. Para siswa pengembang itu, akhirnya memutuskan untuk memfokuskan fungsi TELSmeter dengan kamera yang dipasang sebagai alat pemindai ketebalan masker.

Halaman:

Editor: Anisa Sri

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

X