• Selasa, 26 Oktober 2021

Heboh Laporan Pandora papers, Ini Daftar Nama yang Disebut dalam Pandora Papers

- Senin, 4 Oktober 2021 | 18:15 WIB
Pandora Papers. (Gambar: www.icij.org)
Pandora Papers. (Gambar: www.icij.org)

Bicarajabar.com - Heboh laporan Pandora Papers lantara mengungkap nama-nama pejabat hingga orang kaya dunia menggunakan negara-negara surga pajak menyembunyikan asetnya.

Data tersebut pertama kali didapat oleh International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) di Washington DC. Diketahaui, ICIJ memperoleh bocoran data berukuran hampir 3 terabita tersebur dari sumber anonim.

Ada pun daftar nama yang disebut dalam laporan Pandora Papers antara lain nama Raja Yordania yang diam-diam mengumpulkan aset 70 juta pound sterling di Inggris dan Amerika Serikat.

Selain itu ada juga mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair dan istrinya menyimpan 312.000 pound sterling dalam bea materai ketika membeli sebuah kantor di London.

Kemudian Presiden Rusia Vladimir Putin membeli aset di Monako untuk wanitanya. Lalu Perdana Menteri Ceko Andrej Babis, membeli dua vila seharga 12 juta pound sterling di selatan Prancis.

Baca Juga: Disaksikan Langsung Kang Emil, Tim Polo Air Putra Jabar Raih Medali Emas PON XX Papua 2021

Ada pula nama Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev, dan rekan dekatnya juga dilaporkan diam-diam terlibat dalam transaksi properti di Inggris senilai lebih dari 400 juta pound sterling.

Presiden Kenya Uhuru Kenyatta dan enam anggota keluarganya diam-diam memiliki jaringan perusahaan offshore. Mereka telah dikaitkan dengan 11 perusahaan - salah satunya dinilai memiliki aset senilai USD 30 juta.

Relasi Perdana Menteri Pakistan Imran Khan, termasuk menteri kabinet dan keluarga mereka, disebut diam-diam memiliki perusahaan dan perwalian yang memegang uang hingga jutaan dolar.

Halaman:

Editor: Fahri Fahira

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X