• Selasa, 26 Oktober 2021

Uji Coba Pembukaan Bioskop, Menparekraf: Membangkitkan Kembali Ekosistem Bioskop dan Film-film Nasional

- Minggu, 3 Oktober 2021 | 17:57 WIB
Menparekraf melakukan pemindaian barcode sebelum memasuki bioskop (Dok.Kemenparekraf/Baparekraf)
Menparekraf melakukan pemindaian barcode sebelum memasuki bioskop (Dok.Kemenparekraf/Baparekraf)

 

Bicarajabar.com – Upaya dalam memulihkan dan berkontribusi terhadap roda ekonomi pelaku industry film di Indonesia turut menjadi perhatian pemerintah.

Pada sebuah kesempatan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meninjau salah satu bioskop yang ada di tanah air, untuk uji coba membuka jam operasionalnya.

Hal tersebut menjadi salah satu harapan, di mana uji coba pembukaan bioskop di sejumlah wilayah yang telah menerapkan PPKM Level 2 dan 3 dapat menggeliatkan kembali roda perekonomian pelaku industri film.

Baca Juga: Hadirnya Vaksin Booster, Sandiaga Uno: Bulan Depan akan Ada Kebijakan Mengenai Booster

Dalam siaran pers yang diterima Bicarajabar.com, kunjungan Menparekraf Sandiaga saat itu, meninjau salah satu bioskop yang ada, Cililitan, Jakarta Timur, yakni XXI PGC pada, Minggu (3/9/2021).

Menparekraf menjelaskan bahwa pelaku industri ekonomi kreatif khususnya perfilman mengalami dampak yang signifikan akibat pandemi COVID-19. Padahal selama ini perfilman menjadi subsektor yang cukup menjanjikan dalam memberikan kontribusi terhadap pendapatan negara. Tercatat, kontribusi industri film terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional sebesar Rp15 triliun pada 2019.

“Mudah-mudahan uji coba pembukaan bioskop ini bisa membangkitkan kembali ekosistem bioskop dan film-film nasional,” katanya.

Meski demikian, perhatian terhadap penerapan protokol kesehatan di bioskop sudah sesuai dengan Inmendagri Nomor 43 Tahun 2021 dan telah dilakukan dengan baik.

Pada kesempatan kunjungan tersebut pula, Menparekraf mencoba langsung dan mengamati alur protokol kesehatan yang telah diterapkan.

Halaman:

Editor: Anisa Sri

Sumber: Kemenparekraf.go.id

Tags

Terkini

X