• Selasa, 26 Oktober 2021

Pemerintah Kejar Target Pengentasan Kemiskinan Ekstrem, Menperin: Ada Program Penumbuhan Wirausaha Baru

- Minggu, 3 Oktober 2021 | 13:00 WIB
Pemerintah meninjau pembangunan KIH di Sidoarjo, Jawa Timur (Kemenperin)
Pemerintah meninjau pembangunan KIH di Sidoarjo, Jawa Timur (Kemenperin)

 

Bicarajabar.com –Target pengentasan kemiskinan ekstrem hingga mencapai nol persen pada tahun 2024 diupayakan oleh pemerintah. Melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI, salah satu upaya tersebut, akan dilakukan dengan menyinergikan program-progam dan berkolaborasi dengan kementerian/lembaga lainnya.

Hal tersebut menjadi target Kemenperin juga, untuk mendukung upaya mengapus kemiskinan secara ekstrem, sepertinya yang telah ditargetkan pemerintah.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita melalui keterangan dari siaran pers kemenperin.go.id menyatakan, salah satu program yang akan dilakukan adalah penumbuhan wirausaha serta adanya sinergi dengan pihak terkait.

Baca Juga: Jadwal Final Perebutan Medali Emas, Futsal Putra Jabar vs Papua Live di TVRI

Kemenperin memiliki program penumbuhan wirausaha baru melalui program inkubator bisnis. Ini akan disinergikan bersama dengan kementerian dan lembaga di daerah guna mengurangi dan menghapus kemiskinan secara ekstrem,” ujar Menperin Agus Gumiwang, sebagaimana dikutip Bicarajabar.com, Minggu (3/10/21).

Sebelumnya, Menperin mendampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam rapat koordinasi pengentasan kemiskian ekstrem di Jawa Timur, yang merupakan salah satu provinsi yang menjadi pilot project program dimaksud. 

Di Jawa Timur, terdapat lima kabupaten dengan kemiskinan ekstrem, yaitu Bangkalan, Sumenep, Probolinggo, Bojonegoro, dan Lamongan.

Menperin juga menjelaskan, terdapat tiga pilar utama diperlukan dalam membangun industri nasional, yaitu investasi, teknologi, dan sumber daya manusia.

Pembangunan SDM terus dilakukan Kemenperin guna memacu kinerja industri agar bisa memberikan kontribusi signifikan bagi pemulihan ekonomi nasional.

Halaman:

Editor: Anisa Sri

Sumber: kemenperin.go.id

Tags

Terkini

X