• Selasa, 26 Oktober 2021

Heboh, Teluk Jakarta Diduga Tercemar Paracetamol, Apa Penyebabnya?

- Minggu, 3 Oktober 2021 | 08:01 WIB
Ilustrasi Teluk Jakarta (via : geotimes.id)
Ilustrasi Teluk Jakarta (via : geotimes.id)

Bicarajabar.com - Gabungan peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan University of Brighton UK merilis studi pendahuluan (preliminary study) mengenai kualitas air di Teluk Jakarta. Hasil mengejutkan bahwa terdapat kandungan Paracetamol.

Paracetamol merupakan salah satu produk farmasi yang banyak digunakan oleh masyarakat baik dengan menggunakan resep dokter maupun tidak. Biasanya zat ini digunakan untuk menghilangkan rasa sakit.

Temuan Paracetamol di Teluk Jakarta dikhawatirkan akan mengganggu ekosistem dari laut pada jangka panjang. Selain itu hasil laut juga dikhawatirkan berpengaruh dengan temuan tersebut.

Baca Juga: Penting! Masyarakat Harus Bisa Membedakan 'Gunung Guntur' dan 'Taman Wisata Alam Gunung Guntur' di Garut

Apa Penyebab Temuan Paracetamol di Teluk Jakarta?

Logo BRIN (brin.go.id)

Temuan Paracetamol di Teluk Jakarta mendapatkan tanggapan dari Peneliti Pusat Penelitian Oseanografi BRIN, Zainal Arifin. Menurutnya salah satu penyebab cemaran Paracetamol karena banyaknya masyarakat yang menggunakan.

"Pemakaian yang berlebihan karena mudahnya akses masyarakat pada paracetamol. Ini kan obat analgesik kan, kalau sakit-sakit kan minum itu," ujar Zainal yang dilansir dari detik.com

Selain itu penyebab dari cemaran Paracetamol yakni sistem pengelolan air yang kurang baik.

Halaman:

Editor: Rais Jaka Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X