• Selasa, 26 Oktober 2021

Apresiasi Kolaborasi, Menko Airlangga Sambut Kedatangan Pelaku Industri Kopi

- Sabtu, 2 Oktober 2021 | 20:32 WIB
Pemerintah Apresiasi Kolaborasi Mendorong Pertumbuhan Industri Kopi Indonesia (https://www.ekon.go.id)
Pemerintah Apresiasi Kolaborasi Mendorong Pertumbuhan Industri Kopi Indonesia (https://www.ekon.go.id)

 

Bicarajabar.com – Industri kopi menjadi salah satu komoditi yang diunggulkan oleh Indonesia. Selain karena aneka rasa dari biji kopi yang dihasilkan variatif, kemampun Indonesia sebagai produsen kopi cukup diperhitungkan.

Meminjam catatan Indonesia Investment, Indonesia berada pada posisi ke empat sebagai negara yang menjadi produsen kopi terbesar di dunia pada tahun 2016-2017. Selain itu, kopi di Indonesia menjadi potensial karena mampu menjadi negara eksportir kopi ke empat terbesar di dunia pada musim yang sama.

Dalam keterangan terbaru, menurut publikasi Badan Pusat Statistik (BPS), volume ekpor kopi hingga Juli 2020 mencapai 186,8 ribu ton. Jumlah tersebut naik 10,69 persen dibandingkan tahun sebelumnya pada periode yang sama. Namun, nilai ekspornya justru turun 8,01 persen.

Baca Juga: Resmi Diluncurkan, Ini Ketentuan dan Kegunaan Materai Elektronik

Sebagai salah satu bentuk pengembangan dalam persaingan pasar global, pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyambut kolaborasi yang bisa dilakukan antara pelaku industri kopi Indonesia dengan pemerintah dalam mendorong pertumbuhan industri kopi di Indonesia.

Dalam siaran pers yang diterima, Sabtu (02/10/21), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyambut kedatangan para pelaku industri kopi di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bertepatan dengan International Coffee Day yang jatuh pada 1 Oktober 2021.

Pada pertemuan tersebut, para pelaku industri kopi menyampaikan keinginan untuk bekerja sama dengan pemerintah untuk pengembangan bisnis kopi di Indonesia dan dukungan di kejuaraan kopi internasional.

Pemerintah mengapresiasi komitmen pelaku industri kopi Indonesia untuk terus mendorong pertumbuhan industri kopi Indonesia. Industri kopi memiliki peran yang besar dalam penyerapan tenaga kerja di Indonesia, yaitu memberdayakan 1,86 juta kepala keluarga petani dan 50 ribu tenaga kerja umum.

Baca Juga: Liburan ke Malang? Ini Beberapa Tempat Menarik di Kota Malang

Halaman:

Editor: Anisa Sri

Sumber: ekon.go.id

Tags

Terkini

X