• Selasa, 26 Oktober 2021

Aktivitas Industri Halal Global, Kemenperin Pacu KIH di Indonesia

- Jumat, 1 Oktober 2021 | 22:19 WIB
Pemerintah meninjau pembangunan KIH di Sidoarjo, Jawa Timur (Kemenperin)
Pemerintah meninjau pembangunan KIH di Sidoarjo, Jawa Timur (Kemenperin)

Bicarajabar.com – Pemerintah berupaya mewujudkan sumber ekonomi baru di Indonesia, yang dikembangkan melalui pembangunan ekonomi dan keuangan syariah yang telah direncanakan.

Salah satu perhatian dalam mewujudkan hal tersebut, yakni adanya penguatan rantai nilai halal. Mengacu pada Masterplan Ekonomi Syariah 2019-2024, hal itu merupakan bagian dari strategi utama dalam mewujudkan Indonesia sebagai produsen produk halal dunia pada tahun 2024.

Melalui inisiatif strategis, yaitu pembentukan kawasan industri halal (KIH), merupakan salah satu dukungan pemerintah dalam merealisasikan penguatan rantai nilai halal.

Baca Juga: Indro 'Warkop DKI' Mendorong HAKI Sebagai Bentuk Warisan untuk Anak-anak

Kementerian Perindustrian bersama Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal dan Majelis Ulama Indonesia mewujudkan hal itu, dengan hadirnya tiga KIH, yaitu Modern Halal Valley, Halal Industrial Park Sidoarjo, dan Bintan Inti Halal Hub.

Dalam mengakselerasi pembangunan KIH, Wakil Presiden Ma'ruf Amin didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali meninjau pembangunan KIH di Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (30/9/21).

Dalam siaran pers yang diterima, pada kunjungannya tersebut, Wapres menyampaikan arahan untuk meminta pihak-pihak terkait untuk bersinergi agar KIH segera terisi.

Selain itu, pada pelaksanaannya KIH dihimbau untuk segera beroperasi secara optimal dalam memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat dan nasional.

Baca Juga: Memperingati Mendiang Dono Warkop, Ernest Prakasa: Komedi Lahir Sebagai Bentuk Perlawanan

Halaman:

Editor: Anisa Sri

Sumber: Kemenperin

Tags

Terkini

X