• Selasa, 26 Oktober 2021

Optimalkan Kompetensi SDM, Upaya Pemerintah melalui Program Ayo Kursus

- Jumat, 1 Oktober 2021 | 16:36 WIB
Kegiatan Kursus dan Pelatihan dalam upaya peningkatan Kompetensi SDM - Ilustrasi Foto (Unsplash/@myleon)
Kegiatan Kursus dan Pelatihan dalam upaya peningkatan Kompetensi SDM - Ilustrasi Foto (Unsplash/@myleon)

Bicarajabar.com – Berbagai upaya untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia, banyak dilakukan oleh berbagai pihak. Dari sisi pemerintah, melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah meluncurkan salah satu program yang dinamakan Ayo Kursus.

Untuk diketahui, program tersebut telah diluncurkan beberapa waktu lalu oleh Direktorat Kursus dan Pelatihan (Ditsuslat), Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi).

Menurut Direktur Kursus dan Pelatihan, Wartanto program Ayo Kursus ini merupakan jembatan yang diusahakan untuk melakukan reskilling dan upskilling guna meningkatkan kompetensi, keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Baca Juga: Menuju Energi Ramah Lingkungan, Upaya dalam Menghadapi Isu Perubahan Iklim

“Sudah banyak lulusan Ayo Kursus yang memiliki keterampilan, kemudian membuka usaha dan menjadi orang sukses,” tulis dalam keterangan yang dimuat laman resmi Kemdikbud.go.id, Jumat (01/09/21).

Pada prosesnya, pemerintah akan berupaya membantu mewujudkan kesuksesan para peserta dalam program tersebut.

“Pemerintah akan berupaya membantu adik-adik semua, bagi yang akan, sudah, maupun sedang mengikuti kursus, pemerintah selalu memberikan jalan untuk Anda sukses,” jelas Wartanto secara virtual pada, Kamis (30/09/21).

Salah satu pengalaman yang telah dirasakan oleh Gosbal Barbershop, melalui perwakilannya Gusnus Rocmad Hindri menyampaikan, ada fokus pembelajaran yang juga melatih peserta dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Baca Juga: Masih Menunggu Izin Orang Tua, Sejumlah Sekolah di Jawa Barat Belum Menggelar PTM

Halaman:

Editor: Anisa Sri

Sumber: kemdikbud.go.id

Tags

Terkini

X