• Selasa, 26 Oktober 2021

Menuju Energi Ramah Lingkungan, Upaya dalam Menghadapi Isu Perubahan Iklim

- Jumat, 1 Oktober 2021 | 13:38 WIB
Mewujudkan Energi Ramah Lingkungan dalam Menghadapi Isu Perubahan Iklim (Kemenkeu)
Mewujudkan Energi Ramah Lingkungan dalam Menghadapi Isu Perubahan Iklim (Kemenkeu)

Bicarajabar.com – Upaya dalam menghadapi perubahan iklim, menjadi salah satu perhatian yang harus dihadapi Indonesia. Penggunaan energi ramah lingkungan, menjadi satu dari sekian pilihan dalam upaya tersebut.

Adanya transisi dalam mewujudkan pemanfaatan energi yang lebih ramah lingkungan akan difokuskan oleh pemerintah dalam pengendalian isu perubahan iklim.

Melalui pemberitaan yang dipublikasi oleh Kementerian Keuangan, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, mengungkapkan terkait kondisi ini pada acara Asia House Conference - The Role of Green Finance in Delivering Southeast Asia's Sustainability Goals’, yang diselenggarakan secara virtual pada, Kamis (30/9/21).

Baca Juga: Masih Menunggu Izin Orang Tua, Sejumlah Sekolah di Jawa Barat Belum Menggelar PTM

Indonesia memiliki komitmen yang kuat untuk menangani isu perubahan iklim,” dari keterangan yang diterima.

Untuk itu, Indonesia tengah menyiapkan berbagai kebijakan untuk mendukung transisi energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Melalui kebijakan fiskal, Pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan dari sisi penerimaan seperti insentif pajak untuk sektor energi terbarukan, dan dari sisi belanja seperti subsidi untuk sektor energi dan transportasi yang lebih ramah lingkungan.

Sri Mulyani melanjutkan, untuk kebijakan yang ketiga berkaitan dengan pembiayaan, dalam upaya penyelenggaraan proyek hijau.

“(kebijakan) ketiga adalah pada pembiayaan. Bagaimana kita akan menyediakan pembiayaan untuk proyek hijau, kami menggunakan itu. Indonesia adalah salah satu negara berkembang yang menerbitkan green bonds secara global, yang juga dikombinasikan dengan basis syariah dan hal itu sudah diterima secara baik,” lanjut Menkeu.

Halaman:

Editor: Anisa Sri

Sumber: Kemenkeu

Tags

Terkini

X