• Selasa, 26 Oktober 2021

Jawa Barat sebagai Provinsi Swasembada Beras, Kang Emil: Kita Sudah Meneliti

- Kamis, 30 September 2021 | 07:11 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Instagram/Ridwankamil)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Instagram/Ridwankamil)

Bicarajabar.com – Provinsi Jawa Barat menjadi salah provinsi yang dikenal sebagai penghasil sumber daya alam tertinggi di sektor pertanian.

Hal tersebut diperkuat dengan putusan pemerintah pusat yang telah menyiapkan Jawa Barat sebagai provinsi swasembada beras.

Melalui keterangan yang diterima, Gubernur Jabar Ridwan Kamil memberikan tanggapannya terkait hal tersebut untuk langsung melakukan upaya untuk meningkatkan produksi beras per hektare.

Dilansir dari Pikiran Rakyat, pada sebuah acara Panen Raya dan Rempug Tani Nasional bersama Dr. Salim Segaf Al Jufri, di Desa Pasir Tanjung, Kecamatan Lemah Abang, Kabupaten Karawang, Selasa 28 September 2021, Ridwan Kamil menyampaikan progres terkait hal itu.

Baca Juga: Bayi 10 Bulan Dicat SIlver, Dinas Sosial: Bayinya Mau Ikut Berarti Sudah Kenal

“Kita sudah meneliti selama satu tahun akan mulai kita kembangkan yang bisa menaikkan di atas 10 ton per hektare,” ujar Kang Emil.

Sedangkan terkait dengan produktivitas, Kang Emil menambahkan bahwa tonase per hektare sawah di Indonesia harus seperti dua negara Asia Tenggara yaitu Vietnam dan Thailand.

“Sehingga pertama untuk yang sudah baik seperti pertanian beras ini kita terus mendukung peningkatan produksi per hektarenya, di Thailand dan Vietnam sudah 20 ton per hektare di Indonesia masih belum,” lanjutnya.

Lebih lanjut, tindak lanjut dalam upaya tersebut diketahui bahwa beberapa proses perbaikan terus dilakukan oleh Pemda Provinsi Jabar guna menunjang peningkatan tonase tersebut.

Halaman:

Editor: Anisa Sri

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

X