• Selasa, 26 Oktober 2021

Kemenperin Gelar IHIA 2021, Tujuh Kategori Penghargaan untuk Peserta

- Sabtu, 25 September 2021 | 18:04 WIB
Gelaran Indonesia Halal Industry Award (IHIA) tahun 2021 - Kemenperin.go.id
Gelaran Indonesia Halal Industry Award (IHIA) tahun 2021 - Kemenperin.go.id

Bicarajabar.com – Indonesia Halal Industry Award (IHIA) tahun 2021 telah resmi digulirkan pada 22 September 2021 lalu, melalui seremoni virtual oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

IHIA merupakan ajang penghargaan industri halal yang pertama yang diberikan di Indonesia dan direncanakan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sebagai agenda tahunan.

Melalui penganugerahan penghargaan tersebut, Kemenperin memberikan apresiasi kepada para pihak yang berperan aktif dalam pengembangan dan pemberdayaan industri halal di tanah air.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca BMKG 24 September, Potensi Hujan Disertai Petir Mendominasi di Wilayah Jawa Barat

Dilansir dari halaman resmi Kemenperin.go.id, Agus Gumiwang menyampaikan harapannya terkait pelaksanaan kegiatan tersebut untuk dapat memotivasi pengembangan dan pemberdayaan industri halal di Indonesia. Selain itu, semua pihak diharapkan turut berperan dalam pembangunan industri halal.

Di samping itu, Sekretaris Jenderal Kemenperin Dody Widodo menjelaskan, IHIA 2021 memiliki tujuh kategori penghargaan. Berikut pemaparan tujuh kategori penghargaan tersebut:

  1. Best Halal Innovation yang diberikan kepada berbagai pihak yang melakukan inovasi di bidang halal, baik secara individu, kelompok, lembaga, maupun perusahaan industri. “Terutama inovasi untuk menghasilkan subtitusi bahan baku atau bahan penolong yang bersifat syubhat atau haram,” jelas Sekjen Kemneperin.
  2. Best Social Impact Initiative yang diberikan kepada kelompok da perusahaan yang berperan besar dalam pengembangan Industri Halal, baik pada zona lokal, daerah, maupun nasional dengan mengalokasikan secara khusus penggunaan dana Corporate Social Responsibility (CSR)
  3. Best Halal Supply Chain, diberikan kepada perusahaan industri yang secara konsisten mampu memastikan bahan baku dan bahan penolong yang digunakan berasal dari sumber-sumber yang halalthoyyib, dan mampu tertelusur.
  4. penghargaan kategori Best Small Enterprise yang diberikan kepada perusahaan industri kategori kecil yang secara konsisten menjalankan prinsip-prinsip halal dalam menjalankan produksinya.
  5. Best Halal Industrial Estate yang diberikan kepada perusahaan Kawasan Industri yang menunjukkan komitmennya dalam mengembangkan Kawasan Industri Halal.
  6. Best Export Expansion yang diberikan kepada perusahaan industri yang menunjukkan kinerja ekspor produk halal yang luar biasa.
  7. adalah Best Halal Finance Support yang diberikan kepada lembaga atau institusi keuangan yang memberikan dukungan terhadap tumbuhnya industri halal nasional.

Baca Juga: Resmi Dilaporkan, Pengacara Haris Azhar: Sekalian Kita Buka Keterlibatan Luhut di Papua

Pemberian penghargaan ini, juga diharapkan menjadi bukti bahwa Indonesia sudah memiliki pelaku-pelaku industri andal yang dapat menghasilkan produk halal berkualitas.

“Artinya Indonesia mampu menjadi pusat produsen halal dunia, tidak lagi menjadi konsumen halal terbesar,” tegas Sekjen Kemenperin.

Halaman:

Editor: Anisa Sri

Sumber: kemenperin.go.id

Tags

Terkini

X