• Minggu, 24 Oktober 2021

Resmi Dilaporkan, Pengacara Haris Azhar: Sekalian Kita Buka Keterlibatan Luhut di Papua

- Kamis, 23 September 2021 | 08:20 WIB
Aktivis HAM sekaligus Direktur Lokataru Foundation Haris Azhar (Gambar: Ist)
Aktivis HAM sekaligus Direktur Lokataru Foundation Haris Azhar (Gambar: Ist)

Bicarajabar.com - Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan resmi melaporkan Haris Azhar dari Lokataru dan Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti terkait kasus pencemaran nama baik.

Nurkholis Hidayat selaku pengacara Haris Azhar menyayangkan laporan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi tersebut. Meski demikian ia menegaskan bahwa kliennya tidak mau meminta maaf, namun akan meminta data terkait postingan YouTube terebut.

Namun di sisi lain, lanjutnya, laporan ini dianggap menjadi kesempatan untuk mengungkap jejak Luhut.

"Untuk membuka seluas-luasnya data mengenai dugaan keterlibatan atau jejak dari LBP di Papua dalam Blok Wabu," katanya dalam konferensi pers secara daring, pada Rabu, (22/09/2021).

Baca Juga: Hujan disertai Petir, Prakiraan Cuaca BMKG Wilayah Jawa Barat untuk Besok, 21 September 2021

Ia menerangkan, sebelum adanya laporan tersebut, Luhut juga tidak memberikan data yang valid untuk membantah kajian tentang keterlibatannya dalam bisnis tambang di Papua yang dipaparkan Haris di Youtube. Selain itu kliennya juga sudah mengundang Luhut pada 14 September lalu untuk membahas perkara ini, namun tidak dihiraukan.

"Jadi kami buka saja dalam proses ini, sehingga publik akan melihat siapa sesungguhnya sosok LBP."

Dengan membuka, lanjutnya, publik akan tahu jejak langkahnya dalam dugaan konflik dalam bisnis tambang di Papua yang berdampak pada penderitaan rakyat Papua.

Seperti diketahui, Luhut Binsar Pandjaitan melaporkan Haris Azhar dan dan Koordinator KontraS Fatia Maulida ke Kepolisian Daerah Metro Jaya. Keduanya disangka telah melakukan tindak pidana pencemaran nama baik, pemberitaan bohong, dan atau menyebarkan fitnah.

Halaman:

Editor: Fahri Fahira

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Melani Subono Menjalani Operasi Angkat Tumor

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 18:29 WIB

Gempa Mengguncang Ambarawa-Salatiga Sebanyak 14 Kali

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 15:39 WIB
X