• Selasa, 26 Oktober 2021

Kementerian Perhubungan: Penerbangan Internasional Hanya Melalui Dua Bandara

- Senin, 20 September 2021 | 17:52 WIB
Pengumuman Penerbangan Internasional (Instagram/Kemenhub151)
Pengumuman Penerbangan Internasional (Instagram/Kemenhub151)

BicaraJabar.com - Indonesia masih tetap melakukan pengetatan, khususnya dalam penerbangan internasional. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan bahwa Indonesia hanya membuka dua bandara yang melayani atau menerima penerbangan internasional.

Terkait isu beredarnya kabar di sosial media bahwasanya penerbangan internasional di Indonesia sudah mulai dibuka. Melihat isu tersebut pihak Kementerian Perhubungan angkat suara dengan memberitahu hanya ada dua jalur udara yang dibuka.

Peraturan terbaru yang ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia mengenai penerbangan Internasional ke Indonesia sudah mulai dibuka secara efektif sejak 17 September 2021 dan dapat dilakukan perpanjangan sesuai dengan kebutuhan serta perkembangan selama masa pandemi Covid-19.

“Kementerian Perhubungan menegaskan bahwa sampai hari ini pintu masuk negara untuk penerbangan Internasional hanya melalui Bandara Soekarno Hatta Jakarta dan Bandara Sam Ratulangi di Manado.” tulis, akun Kemenhub. Melansir melalui akun Instagram Kemenhub151.

Baca Juga: Potensi Peningkatan Nilai Tambah Komoditas Porang, Kemenperin akan Lakukan Pendampingan IKM

Peraturan yang ditetapkan tersebut telah sesuai dengan Instruksi Mendagri No. 42 Tahun 2021 dan transportasi udara (SE Menhub No. 74 Tahun 2021) mengenai Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Internasional selama masa pandemi Covid-19.

Pasalnya, peraturan yang telah dijalankan tersebut adalah bentuk antisipasi dan pencegahan dari penyebaran varian virus baru Covid-19 yaitu, Mu (B.1.621). Melihat kondisi tersebut, pihak Kementerian Perhubungan menghimbau masyarakat untuk lebih selektif dalam melihat informasi yang beredar.

Kemenhub berharap kepada masyarakat agar lebih selektif dan bisa mengklarifikasi terlebih dahulu tentang informasi yang beredar di media sosial, agar tidak menimbulkan kebingungan.” tulis, Kemenhub151.

Baca Juga: Sungai Citarum Mengering, Aktivitas Warga Sekitar Terkendala

Halaman:

Editor: Rais Jaka Purnama

Sumber: Kemenhub

Tags

Terkini

X