• Minggu, 24 Oktober 2021

Ditjen IKMA Siapkan Skema Produk Turunan Olahan Porang, Ada Tiga Daerah Potensial Komoditas Porang

- Senin, 20 September 2021 | 21:18 WIB
Plt. Dirjen IKMA Kemenperin, Reni Yanita (kemenperin.go.id)
Plt. Dirjen IKMA Kemenperin, Reni Yanita (kemenperin.go.id)

Bicarajabar.com - Dalam upaya peningkatan nilai tambah komoditas porang di Indonesia. Kementerian Perindustrian RI (Kemenperin) melalui Ditjen IKMA sedang menyiapkan skema untuk mengembangkan produk turunan olahan porang.

Upaya tersebut turut dilakukan melalui koordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian terkait penetapan klaster prioritas pengembangan budidaya porang.

Sebelumnya disampaikan, Kemenperin melaksanakan dukungan dalam memacu pengembangan komoditas porang ini, sesuai dengan arahan presiden tentang peningkatan komoditas porang.

Baca Juga: Kementerian Perhubungan: Penerbangan Internasional Hanya Melalui Dua Bandara

“Kami juga akan melakukan pendampingan IKM pengolahan porang, peningkatan teknologi dan kapasitas produksi, pengembangan produk turunan porang melalui pengembangan inovasi IKM, serta promosi melalui pameran, marketplace, link and match,” kata Plt. Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Reni Yanita di Jakarta, Minggu (19/09/21).

Dalam keterangan pers yang dirilis melalui halaman resmi Kemenperin tersebut, saat ini Ditjen IKMA bekerja sama dengan Kementerian Pertanian dan Pemerintah Daerah Kabupaten Madiun, sedang menyiapkan pilot project pengembangan olahan porang.

Kerja sama tersebut merupakan salah satu langkah awal dalam pengembangan komoditas porang agar memiliki nilai tambah dan memenuhi standar keamanan pangan, dengan biaya operasional yang tetap rendah.

Reni juga melanjutkan, terdapat tiga daerah potensial untuk pengembangan komoditas porang ini, antara lain di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten; Kab. Tabanan, Bali; dan Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Baca Juga: Potensi Peningkatan Nilai Tambah Komoditas Porang, Kemenperin akan Lakukan Pendampingan IKM

Halaman:

Editor: Anisa Sri

Sumber: kemenperin.go.id

Tags

Terkini

Melani Subono Menjalani Operasi Angkat Tumor

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 18:29 WIB

Gempa Mengguncang Ambarawa-Salatiga Sebanyak 14 Kali

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 15:39 WIB
X