• Senin, 27 September 2021

Inovasi Perempuan dalam IKM, Pacu Ekonomi Negara Anggota Colombo Plan

- Selasa, 14 September 2021 | 15:16 WIB
Kemenperin Pacu Kualitas Perajin IKM Nasional Lebih Kreatif dan Inovatif (Kemenperin)
Kemenperin Pacu Kualitas Perajin IKM Nasional Lebih Kreatif dan Inovatif (Kemenperin)

Bicarajabar.com - Program berbagi pengetahuan (Knowledge Sharing) yang diselenggarakan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Kementerian Sekretariat Negara (Setneg), dilaksanakan pada tanggal 13-17 September 2021 secara hybrid.

Disampaikan melalui halaman resmi Kemenperin.go.id, program ini ditujukan kepada para peserta dari negara-negara yang tergabung dalam Organisasi Internasional Colombo Plan.
Program yang mengarah pada peningkatan kapasitas serta pertukaran pengalaman mengenai pembinaan industri kecil dan menengah (IKM) ini, bertajuk The Innovations of Women-owned SMIs to Empower Community during COVID-19 Pandemic.

Dalam pelaksanaannya, program pelatihan ini bertujuan untuk mendorong pemberdayaan pengusaha IKM perempuan sebagai penggerak ekonomi yang mampu bertahan dari dampak pandemi Covid-19, serta turut memberdayakan masyarakat dalam aktivitasnya.

Baca Juga: Kemenperin dan Setneg Gelar Program Berbagi Pengetahuan untuk Anggota Colombo Plan

"Pelaku IKM selama ini mampu menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia," jelas Plt. Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian, Reni Yanita di Jakarta pada, Selasa (14/09/21).

Tercatat, data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, jumlah IKM Indonesia saat ini mencapai 4,4 juta unit usaha, dan telah menyerap 10,36 juta pekerja atau sekitar 66 persen dari total pekerja industri di Tanah Air, serta menyumbang hingga 21,22 persen dari total nilai kontribusi industri manufaktur.

Meski demikian Reni mengungkapkan, kendala umum yang dihadapi IKM di setiap krisis, antara lain menurunnya permintaan, bergesernya perilaku belanja konsumen, terbatasnya kemampuan untuk beradaptasi cepat, strategi pemasaran, dan kebutuhan modal untuk membayar gaji pekerja dan operasional.

Baca Juga: Masih Dianggap Tabu, Masyarakat Perlu Literasi Kesehatan Mental

“Oleh sebab itu, Kemenperin berkomitmen untuk membantu dan memfasilitasi IKM agar mampu bertahan di tengah pandemi melalui seminar dan pelatihan online. Selain itu, program pengembangan wirausaha baru, restrukturisasi mesin, dan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia untuk mendorong konsumsi produk lokal,” lanjutnya.

Halaman:

Editor: Anisa Sri

Sumber: kemenperin.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Masuk Pancoraba, BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem

Kamis, 23 September 2021 | 07:01 WIB

Kronologis Hilangnya Gibran di Gunung Guntur Garut

Selasa, 21 September 2021 | 20:58 WIB

Terpopuler

X