• Senin, 27 September 2021

Masih Dianggap Tabu, Masyarakat Perlu Literasi Kesehatan Mental

- Selasa, 14 September 2021 | 11:38 WIB
Unsplash.com/ Annie Spratt
Unsplash.com/ Annie Spratt

Bicarajabar.com - Dalam memperingati pekan Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia atau “World Suicide Prevention Day”, The Great Mind Indonesia bersama dengan Change.org dan The Light mengadakan bincang virtual bertajuk “Creating Hope Through Action” yang membahas mengenai kondisi kesehatan mental di Indonesia.

Sebelumnya, Into The Light, sebuah komunitas untuk advokasi dan edukasi pencegahan bunuh diri dan kesehatan jiwa orang muda bersama dengan Change.org melakukan survei untuk mengetahui bagaimana kondisi psikologis dan penggunaan kesehatan mental masyarakat Indonesia.

Survei ini dilakukan secara online dengan peserta sebanyak 5.211 orang. Mayoritas para peserta survei berdomisili di enam provinsi di Pulau Jawa dan diikuti berbagai kelompok usia, jenis kelamin, kondisi disabilitas, ketertarikan seksual dan status HIV.

Topik kesehatan mental masih jarang diangkat, begitu pula dengan stigma-stigma yang beredar di tengah masyarakat. Hal ini membuat pengetahuan mengenai fakta dan penyebab bunuh diri masih minim.

Hal ini dibuktikan dari tidak adanya partisipan survei yang menjawab dengan benar fakta bunuh diri ataupun hanya seputar literasi bunuh diri.

Namun, yang patut diperhatikan adalah rendahnya literasi pada golongan laki-laki. Tak hanya bunuh diri, tetapi partisipan laki-laki juga rendah dalam mengakses layanan kesehatan, yaitu hanya 18%.

Salah satu faktor penghambat internal dalam hal ini adalah laki-laki meyakini dirinya dapat menyelesaikan masalah mereka sendiri walaupun tanpa bantuan layanan kesehatan jiwa.

Pandemi berpengaruh pada kesehatan mental

Pandemi saat ini membuat banyak masyarakat yang terisolasi dan merasa kesepian. Hasil survei ini ditunjukkan oleh rata-rata dari seluruh partisipan hingga mencapai 98% untuk semua kalangan dan kelompok usia dengan beragam penghasilan.

Halaman:

Editor: Anisa Sri

Tags

Terkini

Masuk Pancoraba, BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem

Kamis, 23 September 2021 | 07:01 WIB

Kronologis Hilangnya Gibran di Gunung Guntur Garut

Selasa, 21 September 2021 | 20:58 WIB

Terpopuler

X