• Senin, 27 September 2021

Kemendikbud Ristek: Menyalurkan Bantuan Kuota Kepada 24,4 Juta Penerima

- Senin, 13 September 2021 | 19:45 WIB
Unplash.com/ Maxim Ilyahov
Unplash.com/ Maxim Ilyahov

Bicarajabar.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melakukan penyaluran kuota internet secara gratis kepada peserta didik dan pendidik di Indonesia.

Pasalnya, Kemendikbud Ristek telah menyalurkan bantuan kuota tersebut kepada 24,4 juta penerima yang data nomor kartunya berhasil diverifikasi dan dapat divalidasi.

Pembelejaran selama masa pandemi ini ditunjang oleh Mendikbudristek, Nadiem Makarim untuk memperlancar proses belajar mengajar dengan memberikan kuota data.

“Kuota data internet telah mulai disalurkan secara bertahap ke sekitar 24,4 juta peserta didik dan pendidik. Semoga ini dapat membantu meringankan beban para pendidik dan juga orangtua,” tutur Nadiem Makarim dalam Keterangan Resmi, Sabtu (11/9/21).

Baca Juga: Harga Rata-rata Kebutuhan Pokok, Pantauan Disperindag di 5 Pasar Kota Bandung

Selain itu, pihak Kemendikbud Ristek juga turut mengingatkan kepada sekolah maupun pemimpin perguruan tinggi untuk memperbarui data nomor ponsel peserta didik dan pendidik pada sistem seperti data pokok pendidikan (Dapodik) dan pangkalan data pendidikan tinggi (PD Dikti) sehingga dapat menikmati bantuan kuota.

Bantuan kuota internet akan disalurkan untuk seluruh lapisan mulai dari siswa PAUD, SD, SMP, Mahasiswa, Dosen dan Guru. Setiap bantuan yang dialokasikan bagi peserta didik dan pendidik di Indonesia mempunyai variasi yang berbeda sesuai dengan jenajang pendidikannya.

Bagi para peserta Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) akan mendapatkan alokasi kuota internet sebesar 7 gigabyte (GB) per bulan.  Kemudian, bagi jenjang pendidikan dasar dan menengah akan dialokasikan bantuan internet sebesar 10 gigabyte (GB) per bulan.

Sedangkan bagi guru PAUD, pendidikan dasar, dan menengah akan memperoleh alokasi kuota gratis sebesar 12 gigabyte (GB) per bulan. Sementara bagi para mahasiswa dan dosen akan mendapatkan bantuan kuota gratis sebesar 15 gigabyte (GB) per bulan.

Halaman:

Editor: Anisa Sri

Sumber: Kemendikbud Ristek

Tags

Terkini

Masuk Pancoraba, BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem

Kamis, 23 September 2021 | 07:01 WIB

Kronologis Hilangnya Gibran di Gunung Guntur Garut

Selasa, 21 September 2021 | 20:58 WIB

Terpopuler

X