• Selasa, 28 September 2021

Singgung Amandemen UUD 1945 dalam Pidato, Pimpinan MPR RI Diminta Tegur Bamsoet

- Sabtu, 11 September 2021 | 15:26 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (Foto: Humas MPR RI)
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (Foto: Humas MPR RI)

Bicarajabar.com – Polimek isu amandemen UUD 1945, muncul menarik perhatian publik karena adanya pidato yang kerap singgung amandemen UUD 1945 oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Pakar Hukum Tata Negara Universitas Gadjah Mada (UGM) Zainal Arifin Mochtar melalui penilainnya, isu amandemen UUD 1945 yang bergulir dikarenakan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) yang kerap menyampaikannya pada pidato kenegaraannya.

Untuk itu, Zainal menyikapi bahwa pimpinan MPR RI diminta tegur Bamsoet apabila amandemen UUD 1945 memang tidak akan dilakukan.

"Kalau kita mau fair artinya silakan lah MPR barangkali negur ketuanya paling enggak, 'jangan dong pidato kaya gitu karena itu enggak ada dalam pembicaraan kita' misalnya, tidak ada dalam agenda kita," kata Zainal dalam diskusi bertajuk "Amandemen UUD 1945 Untuk Apa?" secara virtual, Sabtu (11/9/2021).

Baca Juga: Sorot Permasalahan UMKM di Masa Pandemi, Menko Airlangga Upayakan Akses Pembiayaan

Seperti yang diberitakan Suara.com, Zainal berpendapat isu adanya amandemen UUD 1945 tidak mungkin bergulir di masyarakat tanpa adanya perwakilan MPR RI yang mengungkapkannya. Seperti halnya Bamsoet yang kerap menyinggungnya pada Sidang Tahunan MPR RI dan di acara peringatan Hari Konstitusi sekaligus perayaan HUT MPR RI ke-76.

Sikap tersebut disampaikan oleh Zainal, karena adanya perbedaan terkait tanggapan soal isu amandemen tersebut dari pihak MPR RI.

Sebelumnya Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid menegaskan, kalau amandemen UUD 1945 tidak akan dilakukan.

"Kalau ketua MPR itu menyatakan itu di publik, bagaimana mungkin publik bisa menolak untuk mengomentari, bahwa tadi Hidayat Nur Wahid, pak ustaz (mengatakan) nggak ada tuh tapi nyatanya Ketua MPR nya begitu," tuturnya.

Halaman:

Editor: Anisa Sri

Tags

Terkini

Masuk Pancoraba, BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem

Kamis, 23 September 2021 | 07:01 WIB

Kronologis Hilangnya Gibran di Gunung Guntur Garut

Selasa, 21 September 2021 | 20:58 WIB

Terpopuler

X