• Senin, 27 September 2021

Gugatan Pegawai KPK yang ditolak oleh Mahkamah Agung

- Jumat, 10 September 2021 | 07:49 WIB
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Bicarajabar.com – Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yang termasuk pada daftar tak lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), melanjutkan gugatan ke Mahkamah Agung (MA). Namun upaya tersebut belum membuahkan hasil yang menyenangkan.

Melalui Yudi Purnomo dan Farid Andhika, dua pegawai KPK ini telah mengajukan uji materiil terhadap peraturan KPK Nomor 1 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pengalihan Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi menjadi Aparatur Sipil Negara (Perkom 1/2021).

Hasil uji tersebut ternyata menuai kekecewaan yang harus dirasakan Yudi dan Farid mewakili pegawai KPK lainnya. Dinyatakan dalam hasil tertulis yang diakses Bicarajabar.com pada Jumat (10/09/21), MA resmi menolak permohonan keberatan uji materiil tersebut.

Baca Juga: Menpora Ingatkan, Pembiayaan Kegiatan Olahraga Harus Dipandang Sebagai Investasi Bukan Biaya Semata

"Menolak permohonan keberatan hak uji materiil pemohon I Yudi Purnomo dan pemohon II Farid Andhika. Menghukum pemohon I dan pemohon II untuk membayar biaya perkara sebesar Rp 1.000.000,00 (satu juta Rupiah), " tertulis dalam keterangan melalui putusan No. 26 P/HUM/2021.

Dari putusan tersebut, diketahui hasil yang dituangkan berdasarkan rapat permusyawaratan MA pada Kamis, 9 September 2021. Agenda rapat yang dilakukan majelis hakim uji materiel ini terdiri dari Ketua Muda MA urusan Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara H. Supandi, selaku ketua majelis yang didampingi Yodi Martono Wahyunadi dan Is Sudaryono selaku anggota majelis.

Upaya pengajuan yang dilakukan pegawai KPK melalui surat permohonannya yang tertanggal 27 Mei 2021 dan diterima di Kepaniteraan Mahkamah Agung pada tanggal 28 Mei 2021 tersebut menerangkan dalil-dalil yang pada pokoknya memuat 19 poin pokok permasalahan.

Dengan melanjutkan hal tersebut, MA menyatakan kewenangannya untuk memeriksa dan memutuskan hal-hal sebagai berikut, menerima Permohonan Uji Materiil ini untuk seluruhnya.

Baca Juga: 900 Halaman Dokumen Ungkap AS Danai Eksperimen Virus Corona Di Wuhan

Halaman:

Editor: Fahri Fahira

Tags

Terkini

Masuk Pancoraba, BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem

Kamis, 23 September 2021 | 07:01 WIB

Kronologis Hilangnya Gibran di Gunung Guntur Garut

Selasa, 21 September 2021 | 20:58 WIB

Terpopuler

X