• Selasa, 28 September 2021

Menkop UKM Dorong Pemda dalam Gerakan Konsumsi Produk UMKM

- Kamis, 9 September 2021 | 06:41 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki (Kemenkopukm)
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki (Kemenkopukm)

Bicarajabar.com – Dorongan pemerintah terhadap peningkatan dan pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), salah satunya melalui ajakan untuk mengonsumsi produk dalam negeri.

Hal tersebut ditegaskan oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki yang memberikan himbauan pada pemerintahan daerah agar menggerakkan konsumsi produk dalam negeri yang diproduksi oleh usaha mikro kecil menegah (UMKM).

"Konsumsi masyarakat kita dengan market 270 juta orang itu sangat besar sekali, kita harus kampanyekankan dimana-mana supaya mengkonsumsi produk dalam negeri dan UMKM," kata Teten, di Bandarlampung, (08/09/21), dikutip dari Antara.

Baca Juga: 900 Halaman Dokumen Ungkap AS Danai Eksperimen Virus Corona Di Wuhan

Teten menyampaikan, gerakan tersebut sebagai salah satu upaya dalam membantu menggerakan roda ekonomi UMKM terlebih di masa pandemi.

Melalui jangkauan market potensial yang besar di tengah masyarakat, ekonomi UMKM akan terkena dampak baiknya. Walaupun menurutnya, daya beli masyarakat masih terbatas di tengah masa pandemi.

Melalui tindak lanjut dorongan gerakan ini pun, pemerintah pusat, dari kementerian dan lembaga lainnya telah mengalokasikan 40 persen dananya untuk membeli produk-produk UMKM dan koperasi.

Di samping itu, Menteri Koperasi dan UKM juga menyampaikan, bahwa pemerintah telah menyediakan pembiayaan murah untuk kredit usaha rakyat (KUR). Hal itu disorot sebagai kebijakan yang dapat meringankan pelaku UMKM untuk mampu bertahan.

Baca Juga: Kebakaran Lapas Tangerang, Banten, Anggota Fraksi PKS: Cek Penerapan SOP di Lapas

Halaman:

Editor: Fahri Fahira

Sumber: Antara

Tags

Terkini

Masuk Pancoraba, BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem

Kamis, 23 September 2021 | 07:01 WIB

Kronologis Hilangnya Gibran di Gunung Guntur Garut

Selasa, 21 September 2021 | 20:58 WIB

Terpopuler

X