• Senin, 27 September 2021

900 Halaman Dokumen Ungkap AS Danai Eksperimen Virus Corona Di Wuhan

- Rabu, 8 September 2021 | 20:04 WIB
Ilustrasi penelitian patogen/Unsplash.com-CDC
Ilustrasi penelitian patogen/Unsplash.com-CDC

Bicarajabar.com - Sebuah situs yang menampilkan publikasi milik perusahaan non-profit First Look Media, The Intercept, memperoleh 900 halaman dokumen yang mengungkapkan bahwa pemerintah Amerika Serikat mengucurkan dana kepada perusahaan EcoHealth Alliance untuk penelitian mereka tentang sejumlah patogen termasuk novel Corona virus di Wuhan jauh sebelum pandemi.

Disebutkan dalam dokumen tersebut bahwa EcoHealth Alliance menerima jutaan dolar AS untuk pembiayaan penelitian di Wuhan yang dimulai dari tahun 2014.

Penelitian tersebut bertujuan untuk mencari kemungkinan patogen yang diteliti dapat menularkan dari hewan ke manusia. Bahkan dalam dokumen tersebut terungkap bahwa pihak AS juga menyadari resiko para peneliti terinfeksi karena mereka akan berhadapan dengan virus-virus ganas seperti SARS dan MERS.

Dokumen sebanyak 900 halaman tersebut merupakan bagian dari aksi kebebasan informasi yang dilakukan The Intercept dalam menggugat National Health Institute. Dokumen yang diperoleh The Intercept tersebut dapat diakses oleh publik.

Sebanyak 900 halaman dokumen yang diteliti oleh The Intercept tersebut diperoleh sebagai bagian dari litigasi Aksi Kebebasan Informasi yang sedang berlangsung oleh The Intercept melawan Institut Kesehatan Nasional. The Intercept membuat dokumen tersebut dapat diakses oleh publik.

Lebih mengejutkan lagi, banyak informasi dalam dokumen tersebut yang memunculkan pertanyaan dan memungkinkan adanya teori bahwa pandemi Covid-19 terjadi akibat kecelakaan laboratorium. Namun, sebelumnya hal ini dibantah dengan tegas oleh Peter Daszak, direktur EcoHealth Alliance.

Sebelumnya, akhir Agustus lalu, AS mengumumkan bahwa 18 badan intelijen mereka yang telah melakukan penyelidikan, tidak mencari tahu dari mana virus Covid-19 berasal.[]

Editor: Anisa Sri

Sumber: The Intercept

Tags

Terkini

Masuk Pancoraba, BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem

Kamis, 23 September 2021 | 07:01 WIB

Kronologis Hilangnya Gibran di Gunung Guntur Garut

Selasa, 21 September 2021 | 20:58 WIB

Terpopuler

X