• Senin, 27 September 2021

Kupat Tahu dan Ciri Khasnya di Setiap Daerah di Jawa Barat

- Kamis, 2 September 2021 | 06:58 WIB
Ciri Khas Kupat Tahu di Jawa Barat (Gambar: Istimewa)
Ciri Khas Kupat Tahu di Jawa Barat (Gambar: Istimewa)

Bicarajabar.com - Kupat Tahu jadi salah satu makanan khas Indonesia, yang bisa kita jumpai di beberapa daerah. Paduan tahu, ketupat, kacang, kecap, dan aneka sayur ini menjadi hidangan yang membangkitkan selera.

Meski tersebar di berbagai daerah, Kupat Tahu yang disajikan tidak terlalu berbeda. Bahan dasar dalam kuliner satu ini adalah tahu goreng yang dicampur dengan ketupat, kemudian disiram dengan bumbu kacang dan taburan kerupuk sebagai pelengkap.

Meski demikian, beberapa Kupat Tahu memiliki ciri khas masing-masing, tergantung asal daerah Kupat Tahu itu sendiri.

Seperti Kupat Tahu Mangunreja berbeda dengan Kupat Tahu Singaparna. Padahal kedua Kupat Tahu ini sama-sama berasal dari Tasikmalaya. Begitu pun dengan Kupat Tahu daerah lain seperti Cianjur, Padalarang, dan Bandung Barat, meski semuanya memakai nama yang sama.

Kekhasan Kupat Tahu Jawa Barat terlihat pada tambahan petis di bumbu kacang serta sayuran yang digunakan, terdiri dari taoge dan mentimun.

Berikut daftar Kupat Tahu di Jawa Barat yang dikenal kelezatannya dan memiliki ciri khas berbeda.

1. Kupat Tahu Mangunreja H Eman

Buka dari pagi sampai siang. Kupat Tahu yang berada di Jalan Karawitan dekat pertigaan Jalan Martanegara ini dijual dengan roda kaki lima, namun rasa Kupat Tahu ini lezat, dan cocok untuk sarapan atau makan siang.

Menu yang ditawarkan adalah potongan ketupat, toge rebus, tahu goreng dua biji yang dipotong-potong kemudian disiram bumbu kacang. Keistimewaan Kupat Tahu ini memakai kecap Jatiwangi, kecap tradisional yang legendaris. Sedangkan harga yang ditawarkan murah-meriah, hanya Rp 8 ribu per porsi. Jika mau membeli Kupat Tahu ini sebaiknya di bawah jam 12 siang, biar tidak kehabisan.

Halaman:

Editor: Kristina S.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Masuk Pancoraba, BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem

Kamis, 23 September 2021 | 07:01 WIB

Kronologis Hilangnya Gibran di Gunung Guntur Garut

Selasa, 21 September 2021 | 20:58 WIB

Terpopuler

X